Pertanyaan Umum




Sistem Informasi Manajemen Relawan merupakan tampilan baru yang lebih menarik dan efektif dari fitur Permintaan dan Pendaftaran Relawan yang sudah ada di SIM Relawan. SIM relawan ini berfungsi untuk :
  • Membuka pendaftaran relawan yang ingin berpartisipasi dalam percepatan penanganan Covid-19 sesuai dengan kompetensi dan lokasi domisili
  • Menerima kebutuhan permintaan relawan dari instansi-instansi seperti Gugus Tugas Nasional maupun Daerah, Kementerian, instansi, BUMN, BUMD, Dinas, RSUD, Puskesmas berdasarkan lokasi dan kompetensi.
Fitur ini akan terus dikembangkan untuk memberikan pelayanan yang maksimal kepada para relawan dan instansi yang membutuhkan.
Bagi Anda yang mendapatkan email untuk memperbarui data di SIM Relawan, Anda bisa memperbarui data diri Anda di SIM Relawan untuk melengkapi proses pendataan relawan. Data ini sudah terintegrasi dengan data di SIM Relawan.
Sehingga, jika Anda sudah pernah terdaftar di Desk Relawan, Anda bisa langsung melakukan login dengan email dan password yang diberikan.
  • Bersedia untuk bekerja secara sukarela (tidak menerima honorarium)
  • Sehat secara fisik (tidak sedang menderita penyakit) dan rohani
  • Mempunyai kompetensi yang dibutuhkan oleh program percepatan penanganan covid-19
  • Siap menunggu untuk ditugaskan oleh daerah masing-masing yang menjalankan program
  • Mengikuti syarat dan ketentuan yang tertulis di SIM Relawan
  • Mendapat izin dari orang tua/suami/istri
  • Buka link http://sim.deskrelawanpb.bnpb.go.id/ kemudian klik Daftar yang berada pada pojok kanan atas laman, atau bisa langsung menuju link http://sim.deskrelawanpb.bnpb.go.id/daftar-relawan
  • Pada halaman Daftar Sebagai Relawan, silahkan isikan Email Anda, Password, dan Konfirmasi Password Anda.
  • Kami akan mengirimkan link verifikasi ke email Anda.
  • Aktifkan akun Anda dengan klik “Verify Email”.
  • Selamat akun Anda kini sudah aktif dan bisa melanjutkan pengisian formulir.
  • Isilah Formulir dengan lengkap.
  • Buka link http://sim.deskrelawanpb.bnpb.go.id/daftar-instansi untuk melakukan pendaftaran sebagai Instansi.
  • Pada halaman Daftar Sebagai Instansi, silahkan isikan Email Anda, Password, dan Konfirmasi Password Anda.
  • Kami akan mengirimkan link verifikasi ke email Anda.
  • Aktifkan akun Anda dengan klik “Verify Email”.
  • Selamat akun Anda kini sudah aktif dan bisa melanjutkan pengisian formulir.
  • Setelah semua formulir terisi dan tersimpan, dasbor anda akan belum aktif sampai diaktifkan oleh admin.
  • Setelah diaktifkan admin, Anda bisa mulai menambahkan lowongan pekerjaan dan mengirim undangan.
  • Buka laman http://sim.deskrelawanpb.bnpb.go.id/login dan Login dengan Email dan Password yang Anda daftarkan untuk Instansi.
  • Dasbor Instansi akan aktif ketika admin sudah menyetujui dan memeriksa formulir yang diinputkan.
  • Untuk menambahkan lowongan, silahkan klik Tambah Lowongan. Anda akan diarahkan menuju form kebutuhan relawan.
  • Isikan formulir Kebutuhan Relawan Instansi dengan lengkap dan benar, kemudian klik Buat Pekerjaan.
  • Selanjutnya, lowongan pekerjaan akan berstatus Draft. Untuk mempublikasikan lowongan pekerjaan, klik Publish, kemudian klik Publish Sekarang maka lowongan pekerjaan akan berstatus Open.
  • Buka dashboard Instansi
  • Klik Detail pada salah satu Lowongan Pekerjaan yang ingin dikirim undangannya.
  • Pada menu Panggilan, Anda bisa melakukan penyaringan terhadap relawan yang ingin diundang, kemudian klik Cari Relawan Sekarang, maka akan muncul berapa jumlah relawan yang berhasil Anda cari berdasarkan kriteria yang Anda inginkan.
Relawan yang sudah mendaftarkan diri dan memasukan alamat email akan mendapat email dari Bidang Koordinasi Relawan berupa pembekalan apabila sudah giliran waktunya, dan panggilan tugas dari Gugus Tugas apabila sudah ada permintaan dari instansi di sekitar domisili anda berada.
SIM relawan hanya membuka pendaftaran relawan untuk perorangan
Namun, instansi dapat mendaftar sebagai instansi yang membutuhkan relawan dengan masuk ke situs http://sim.deskrelawanpb.bnpb.go.id/daftar-instansi.
Bagi Anda yang sudah tidak berminat ataupun sudah kembali bekerja, Anda bisa mengabaikan email yang dikirimkan.
Silahkan buat akun di https://deskrelawanpb.bnpb.go.id/covid-19, lalu masuk ke bagian petakan aksimu, kemudian isi form informasi aksi dgn lengkap
Silahkan kirim pertanyaan atau kendala Anda melalui email data@relawansatgascovid19.com dengan subject : Helpdesk_Relawan/Instansi_Nama Relawan/Instansi.
Contoh : Helpdesk_Relawan_Arif Pamungkas.